JADWAL DAN RUTE BUS TINGKAT SEMARANG






Pemandangan tak biasa kini mulai hadir di kawasan Tugumuda. Barisan Antrian mengular terli
hat keluar dari gedung Museum Mandala Bhakti. Anak-anak hingga orang dewasa juga terlihat di dalam antrian. Seolah tak peduli dengan sinar matahari yang mulai menyorot mereka.
Antusias warga Semarang sangat besar untuk bisa naik Si Kenang ini. Antrian sepanjang 75meter pun rela dilakukan demi menaiki Bus Tingkat ini. “Saya ngantri dari jam 04.30 WIB pagi, antrian itu sudah banyak banget dan saya dapet tiket yang trip terakhir jam 7 malem. Demi anak yam au gimana lagi ya pasti saya rela antri kayak gini.” (Astini /36 thn Penumpang Si Kenang). Pemberitahuan untuk informasi Kekecewaan warga juga terlihat saat mereka tidak mendapatkan tiket di lokasi. Banyak pula warga yang terpaksa menunggu bus datang hanya untuk berfoto menghilangkan rasa kecewa karena tidak tahu sistem tiket daftar jam 07.00 pagi sebelumnya. Kurangnya penyebaran informasi untuk tiket bus wisata tingkat ini membuat banyak warga gigit jari karena telat datang untuk antri.
“Memang kita hanya menyiapkan tiket sesuai kapasitas Bus saja. Karena sementara ini hanya ada  1 Bus saja yang diluncurkan oleh Pemerintah. Ya kalau antusias warga sebanyak ini mungkin besok akan ditambah armada nya. Kami juga memberikan shuttle bus gratis bagi para penumpang yang tidak mendapatkan tiket hari ini.” (Dwi/ Petugas tiket bus)
“Bus tingkat pariwisata bernama Si Kenang milik Pemerintah Kota Semarang Jawa Tengah ini siap untuk melayani wisatawan keliling berbagai destinasi wisata di Kota Semarang tanpa dipungut biaya alias Gratis. Rute yang dilewati dari Museum Mandala Bhakti – Jl. Imam Bonjol – Poncol- Tawang – Kota Lama – Jl. Pemuda – Arah Pandanaran – Simpang Lima – Pandanaran – Kampung Pelangi – Arah Sam Poo Kong – Kalibanteng – Kembali ke Museum Mandala Bhakti. Penumpang boleh turun dari bus karena bus akan berhenti selama 15 menit di Kota Lama dan Kampung Pelangi.”( Muhammad Kholid / Koordinator Lapangan Dinas Perhubungan)
Si Kenang merupakan singkatan dari “Semarang Istimewa Kota nya Enak di Pandang”. Si Kenang dipilih oleh Pak Walikota Hendi dari 9 nama usulan lainnya. Bus tingkat pariwisata berwarna merah dilengkapi dengan design yang memukau senilai Rp3,6 miliar itu memiliki kapasitas sebanyak 70 penumpang yang terbagi menjadi 12 penumpang di tingkat bawah dan tingkat atas menampung 58 penumpang.
Namun sayangnya, hanya ada 1 Bus Tingkat yg beroperasi sehingga warga Semarang harus mengantri terlebih dahulu. Loket dibuka jam 07.00 WIB untuk semua keberangkatan. Penumpang akan menukarkan 1 KTP/SIM maksimal dengan 2 tiket bus. Dan khusus hari Senin, Si Kenang tidak beroperasi (libur). Jadwal keberangkatan juga perlu diperhatikan sebagai berikut :

TRIP
JAM
HARI
TRIP 1
08.00
SELASA-KAMIS
TRIP 2
11.00
SELASA-KAMIS
TRIP 3
15.00
SELASA-KAMIS
TRIP 4
19.00
Khusus JUMAT – MINGGU



Komentar